Ketua Karang Taruna Kota Semarang: Ajak Muda-mudi Semarang Aktif Berkegiatan Positif



JACKPOD Tribun Podcast kali ini bersama tamu istimewa yakni Ketua Karang Taruna Kota Semarang, IG Ananta Wijaya Putra.

Dipandu host, Elyn Windiyastuti, obrolan kali ini akan membahas dan mengenal lebih dekat dengan karang taruna bersama Ketua Karang Taruna Kota Semarang dua kali periode yang akrab disapa Ananta.

Berikut petikan wawancaranya.

Sebenarnya karang taruna itu apa Mas?

Karang taruna ini salah satu wadah. Karang itu dari kata pekarangan/kumpulan, taruna itu pemuda. Jadi karang taruna ini wadah bagi generasi muda. Jadi, organisasi pemuda ya karang taruna. Yang ada dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan sampai RT pun ada.

Karang taruna ini ibarat sebuah laboratorium yang mencetak generasi muda yang memiliki jiwa pemimpin, jiwa sosial, peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar.

Ada batasan usia anggota Karang Taruna?

Ini yang sering salah kaprah. Kadang teman-teman generasi muda yang sudah berkeluarga, terus saya sudah berkeluarga, saya tidak lagi karang taruna dong?!,

Tidak. Karang taruna itu usia dari 13 tahun sampai 45 tahun. Jadi yang berkeluarga, sudah bekerja, tidak masalah masuk karang taruna. Jadi bisa mengekspresikan diri, mengabdi dalam sebuah organisasi melakukan kegiatan sosial.

Berarti usia 30 tahun boleh masuk Karang Taruna?

Bisa, ada. Di kami juga ada yang sudah masuk PKK aktif di karang taruna. Jadi sifat keibuannya itu bisa merangkul teman-teman yang masih muda.

Karang taruna khusus untuk lajang?

Itu harus diluruskan. Karena zaman dulu, karang taruna itu dianggap sebagai organisasi yang insiden. Yang cuma membantu Pak Lurah, Pak Kades, selesai.

Sekarang karang taruna berbeda, organisasi pemuda yang memiliki jaringan luas, memiliki kegiatan yang menarik bagi generasi muda, meningkatkan potensi pemuda yang dimiliki khususnya pemuda di Kota Semarang.

Jadi anggota perlu mendaftar dulu?

Masuk karang taruna itu gampang, dia ber-KTP Kota Semarang, kemudian mau ikut organisasi, itu sudah bisa masuk karang taruna.

Kita memiliki kader aktif dan pasif. Kader aktif yang jadi pengurus, yang pasif itu yang umur 13 tahun-45 tahun itu otomatis menjadi anggota karang taruna. Kalau mau aktif ya daftar dulu. Nanti juga di-list anggotanya siapa saja, nanti dibuatkan KTA.

Oh iya sekarang ada kegiatan apa?

Awal tahun ini lagi sibuk membantu Pemerintah Kota Semarang membantu proses vaksinasi usia 6-11 tahun, ini yang kita lakukan saat ini. Kemudian kegiatan sosial lainnya. Kalau Karang Taruna Kota Semarang, kita akan melakukan rapat kerja daerah itu bulan Maret.

Kita ada turnamen lomba E-sport tingkat Kota Semarang dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Semarang. Dari Februari (2022) kita jalan, gong-nya bulan Mei (2022).

Dalam waktu dekat kita juga akan mengadakan turnamen futsal se-Kota Semarang. Tidak hanya olahraga, ada soal kebangsaan, kewirausahaan dan lainnya. Jadi semua ada.

Dalam Karang Taruna ada apa saja?

Yang suka media, suka fotografer kita wadahi dalam namanya Wadah Kata Media. Yang suka wirausaha, kita wadahi Karang Taruna Entrepreneur.

Mewadahi teman-teman yang memiliki usaha, baik UMKM dan lainnya. Gerakan wanita juga ada Karang Taruna Kartini yang menggarap lebih kepada isu-isu perempuan di Kota Semarang.

Ada rencana pameran UMKM?

Sesuai dengan schedule itu sekitar Juni (2022), kita akan menyelenggarakan pameran UMKM se-Kota Semarang yang diprakarsai generasi muda Kota Semarang.

Itu khusus anggota Karang Taruna?

Jadi tidak hanya terbatas teman-teman kader karang taruna saja tapi juga dibuka untuk umum. Generasi muda yang belum bergabung dengan karang taruna itu boleh. Biar mereka juga paham kegiatan karang taruna ternyata tidak itu-itu saja.

Halo teman-teman Kota Semarang, khususnya generasi muda Kota Semarang. Ayo teman-teman melakukan kegiatan positif, kegiatan yang membangun lingkungan, yang bisa menunjang pembangunan Kota Semarang. Karena bagaimanapun kedepan Kota Semarang ini tergantung generasi mudanya saat ini. (ais)

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul WAWANCARA : Ketua Karang Taruna Kota Semarang: Ajak Muda-mudi Semarang Berkegiatan Positif, https://jateng.tribunnews.com/2022/02/17/wawancara-ketua-karang-taruna-kota-semarang-ajak-muda-mudi-semarang-berkegiatan-positif?page=all.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy

Post a Comment

أحدث أقدم