Kolaborasi Kegiatan Taman Baca di Kelurahan Tunjungsekar dengan Karang Taruna


Taman baca merupakan salah  satu aktivitas mahasiswa KKM-DR UIN malang 2021-2022 di Kelurahan Tunjungsekar yang bekerja sama menggunakan karang taruna setempat. 

aktivitas ini dilaksanakan setiap minggu pagi mulai jam 08.00 hingga terselesaikan di tiap RW kelurahan tunjungsekar secara bergantian. Tujuan diadakannya kegiatan ini buat meningkatkan rasa antusias literasi anak - anak pada Kelurahan Tunjungsekar serta dapat membuahkan mereka mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. 

terdapat beberapa rangkaian acara pada kegiatan taman baca ini, pertama melakukan olahraga ringan yaitu dengan mengajak anak-anak melakukan senam yang pada pimpin sang anggota KKM-DR UIN malang. 

ke 2 mangajak anak-anak buat membaca buku, anak-anak diberi ketika 15 mnt buat memilih serta membaca buku yang telah disediakan sinkron yang diminatinya. anak-anak jua didampingi sang anggota KKM-DR UIN Malang serta pemuda karang taruna guna membantu membaca atau mengungkapkan isi buku tersebut. 

sehabis saat 15 menit berakhir, dilanjutkan dengan sesi story-telling, dalam sesi ini beberapa peserta Taman Baca bisa menceritakan ulang apa yang sudah dibaca pada hadapan semua sahabat - temannya yang lain. aktivitas selanjutnya ialah "Kelas Kreatif". 

Kelas Kreatif sendiri ialah serangkaian ilham - ide aktivitas kreatif yang dapat dilakukan bersama - sama antara anggota KKM - DR UIN Malang menggunakan semua peserta Taman Baca Kelurahan Tunjungsekar. 

Adapun kegiatan Kelas Kreatif yg dilaksanakan antara lain ialah penanaman bawang merah pada media tanam aeroponik, pembuatan gelembung belalai gajah dari sabun cuci piring, dan  belajar seni melipat origami. 

aktivitas Taman Baca sendiri dapat dikatakan berjalan dengan sangat baik dan  lancar melihat asal banyaknya peserta yg datang di setiap minggunya dan  antusiasme yang tinggi nampak jelas asal anak - anak peserta Taman Baca Kelurahan Tunjungsekar selama mengikuti serangkaian aktivitas tersebut berasal awal hingga akhir. menggunakan diadakannya kegiatan ini dibutuhkan dapat menaikkan minat membaca, kreatifitas, dan  rasa percaya diri anak - anak.

sumber :
https://ift.tt/OPS4WL8vC

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama