Perdana! GERCEP Laksanakan Vaksinasi Untuk Disabilitas


SEMARANG, KATA MEDIA- Kegiatan perdana GERCEP (Gerakan Remaja Cegah Dan Pantau Covid-19) yaitu screening dan vaksinasi untuk golongan disabilitas disambut dengan antusias. Acara diselenggarakan di Gedung Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) Kota Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh 97 peserta yang terdiri dari anak-anak disabilitas. Turut hadir pula Walikota Semarang Hendrar Prihadi selaku pembentuk GERCEP. (3/8)

“Kegiatan ini difasilitasi oleh Gerakan Remaja yaitu GERCEP, ada dari Dinas Kesehatan dan juga teman-teman YPAC. Mereka menyediakan vaksin untuk kawan-kawan kita disabilitas agar mereka lebih sehat dan terhindar dari covid-19. Nantinya kita akan keliling sekolah-sekolah di Kota Semarang juga.”  ujar Hendi saat melakukan pantauan di YPAC.

Salah satu peserta sedang menjalani cek tensi dan didampingi oleh petugas.

Alur kegiatan vaksinasi dimulai dari pendaftaran lalu peserta dibawa ke meja tensi, setelah itu peserta melakukan screening sebelum akhirnya mendapatkan vaksin.  Kegiatan perdana tersebut mendapatkan sambutan hangat dari para peserta vaksinasi. Anak-anak disabilitas yang hadir mengaku senang dan tidak takut untuk divaksin. Nabila salah satu peserta mengatakan dirinya berani divaksin karena ingin segera kembali ke sekolah dan bertemu teman-teman. 

GERCEP merupakan sebuah wadah yang dibentuk guna mengajak dan menyadarkan masyarakat terutama kaum muda agar mau mengikuti vaksinasi dan mengkampanyekan protokol kesehatan. Pasalnya di Kota Semarang budaya nongkrong tanpa protokol kesehatan masih kerap ditemukan.

GERCEP diketuai oleh IG Ananta Wijaya Putra dan beranggotakan organisasi-organisasi yang berada di Kota Semarang, antara lain: Karang Taruna Kota Semarang, Saka Bhakti Husada, Saka Kencana, Forum Genre Kota Semarang, Forum Anak Kota Semarang dan Forum OSIS Kota Semarang.

Pak Hendi ketika menyapa peserta yang sedang duduk di ruang tunggu.

Ananta menyampaikan bahwa kegiatan GERCEP untuk mempercepat vaksinasi akan terus berlanjut, Kedepannya ia bersama tim akan terus melakukan kegiatan vaksinasi dengan goes to event and school. Petugas GERCEP sudah mendapatkan pelatihan dan pengarahan dari ahli. Nantinya GERCEP juga akan dibentuk di tingkat Kecamatan dan Kelurahan agar merata keseluruh lapisan masyarakat. (SA)


Sumber dari : https://katamedia.or.id/news/2021/08/04/perdana-gercep-laksanakan-vaksinasi-untuk-disabilitas/ 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama