Kunjungan HMP ITB ke Yogyakarta termasuk ke Karang Taruna, Perluas Wawasan Peduli Masyarakat

YOGYAKARTA, dilansir dari itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Planologi (HMP) Pangripta Loka ITB mengadakan kunjungan ke berbagai instansi di Yogyakarta antara lain Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Yogyakarta, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Tarang Karuna Kusuma Jaya, dan Fakultas Arsitektur dan Perencanaan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada awal tahun ini (08-09/01/13) dalam rangkaian acara HMP Road Trip to Yogyakarta 2013. Acara yang merupakan kerjasama dari Divisi Keprofesian, Hubungan Luar, dan Pengabdian Masyarakat HMP ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memperluas dan menjalin kerjasama dengan instansi-instansi terkait profesi perencanaan serta menumbuhkan kepedulian mahasiswa akan kontribusi yang dapat diberikan mahasiswa khususnya jurusan perencanaan terhadap masyarakat.

Pada kunjungan ke Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan ESDM, dipresentasikan Kebijakan dan Strategi Penataan Ruang Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab bersama HMP ITB. Setelah itu, HMP melanjutkan kunjungan ke Wahana Lingkungan Hidup Indonesia di Kotagede, Yogyakarta. Kedua kunjungan yang dilaksanakan pada hari pertama tersebut ditujukan agar mahasiswa-mahasiswi lebih mengenal profesi keperencanaan terutama pada bidang pemerintahan dan lembaga swadaya masyarakat.

Pada hari kedua HMP ITB mengadakan kunjungan ke Desa Singosaren, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Desa binaan yang dikunjungi HMP ITB kali ini memiliki organisasi pemuda yaitu Karang Taruna Jaya Kusuma. Tahun 2012 lalu, Karang Taruna Jaya Kusuma dari Desa Singosaren berhasil menyabet Juara I Evaluasi Karang Taruna Berprestasi tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial RI. Dalam kunjungan tersebut, Karang Taruna Jaya Kusuma telah menyiapkan lokasi-lokasi tujuan seperti Sanggar Sinau Bareng, tempat pengolahan sampah, pembuatan kerajinan perak tembaga, dan lokasi-lokasi lainnya yang memamerkan potensi-potensi muda Desa Singosaren.

Setelah itu, HMP ITB mengunjungi Fakultas Arsitektur dan Perencanaan UGM yang disambut dengan perwakilan Himpunan Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah Kota (HMT PWK) UGM Pramukya Archapada. Pada kesempatan tersebut, HMP ITB dan HMT PWK UGM masing-masing mempresentasikan kepengurusan dan program kerja masing-masing himpunan. Tak lupa HMP ITB mempresentasikan tema kepengurusan kali ini yaitu 'Green Transportation' yang langsung disambut hangat dengan diskusi dan tanya jawab dengan HMT PWK UGM

Lisa Lindawati, selaku ketua Karang Taruna Jaya Kusuma berharap kunjungan HMP tersebut dapat sekaligus menjadi ruang belajar bersama antara mahasiswa dengan masyarakat, di mana dewasa ini tradisi karang taruna mulai terlupakan tergerus arus modernisasi."Dengan kunjungan ini, semoga mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota ITB mempunyai gambaran mengenai dunia kerja khususnya di daerah-daerah, sehingga memungkinkan orang-orang yang ingin kembali ke daerah masing-masing untuk membangun serta mengimplementasikan mimpi dan ilmu yang mereka miliki," ucap Silvania Dwi Utami (Perencanaan Wilayah dan Kota 2010) selaku penanggung jawab HMP Road Trip to Yogyakarta 2013 mengakhiri wawancara.


Sumber : https://www.itb.ac.id/berita/detail/3781/kunjungan-hmp-itb-ke-yogyakarta-perluas-wawasan-peduli-masyarakat

Oleh: Hafshah Najma Ashrawi dan Ria Ayu Pramudita

Post a Comment

أحدث أقدم