Dosen Fikom Umuslim Sosialisasi Teknologi IoT kepada Karang Taruna dalam Peternakan Bebek



BIREUEN (RA) – Dosen Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Universitas Almuslim (Umuslim) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi tentang teknologi Internet of Things (IoT) kepada kelompok peternak bebek binaan Karang Taruna (KT) anak desa (Andes), Desa Seuneubok Aceh, kecamatan Peulimbang, Kabupaten Bireuen, Jumat (10/12).

Ketua KT Anak desa (Andes) Seuneubok Aceh, Mursalin Spd mengatakan, pihaknya masih sangat awam terhadap ilmu peternakan dan manajemen pengelolaan. “Kami sangat mengharapkan binaan, bantuan dan dukungan tentang hal tersebut dari semua pihak,” harapnya.

Disebutkan, menghadapi kondisi pandemi Covid19, pihaknya terus mengupayakan agar pemuda di desa Seuneubok Aceh memiliki kesibukan dan usaha yang bermanfaat, supaya tidak sering menyibukkan diri di warung kopi sambil bermain game.

“Kami sangat berterimakasih atas kehadiran ketua, pengurus KT Kabupaten Bireuen dan sejumlah dosen dari Fikom Umuslim. Kehadirannya memotivasi anak-anak muda di desa untuk melanjutkan usaha.”
Sementara itu, Munar M, Ketua Tim Pengabdian Dosen Fikom Umuslim. Kom menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah 4.0 Internet of Things Technology sebagai salah satu teknologi di era Revolusi Industri

“Internet of Things Technology sekarang banyak digunakan di bidang pangan misalnya pertanian dan peternakan.
Berdasarkan pengamatan di lapangan, bebek muda berumur 120 hari bisa mati karena suhu rendah, terutama pada malam hari, karena berasal dari lampu yang dipasang di kandang bebek, dan terbukti sangat seksual.

“Dari permasalahan tersebut akan dilakukan implementasi teknologi berfokus kepada penghangat kandang dan pengontrol pakan berbasis teknologi Internet of Things (IoT) dengan menggunakan solar cell (tenaga surya). Semoga dengan adanya program pemasangan solar cell nantinya, peternakan bisa terbantu dengan keberlanjutan program yang akan dikembangkan,” katanya. (akh/icm)

source https://harianrakyataceh.com/2021/12/11/dosen-fikom-umuslim-sosialiasi-teknologi-iot-kepada-peternak-bebek/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama