Rencanakan Program, Karang Taruna Kecamatan Karangkancana Gelar Raker



Kuningan. Pengurus Karang Taruna Kecamatan Karangkancana melaksanakan rapat kerja (Raker) di Gedung PKBM Taruna Kencana Sabtu (09/01/2021). Raker ini mengusung tema Mewujudkan Pengurus Karang Taruna yang Tangguh, Proaktif dan Progresif untuk Kuningan dan Indonesia Maju. Raker kali ini dimaksud guna terwujudnya sinegritas program dengan kebijakan pemerintah, karena posisi Karang Taruna sebagai mitra pemerintahan dalam upanya penanganan permasalah sosial.

Raker tersebut dihadiri  peserta dari perwakilan Karang Taruna tingkat desa dan pengurus kecamatan. Hadir pula Camat Karangkancana Ade Wibawa Selaku Pembina Umum, Ketua Tim Penggerak PKK, Pembina Teknis, Pembina Fungsional, dan Perwakilan dari Karang Taruna Kabupaten Kuningan.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Karangkancana Aldi Nurcahya mengatakan bahwa Karang Taruna harus mampu berdiri kokoh di tengah pandemi covid-19 untuk melaksanakan program-programnya. Ia berharap semua pemuda bisa proaktif dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial yang ada dilingkungan desa masing-masing.

“Ingat kita tahu bahwa posisi Karang Taruna itu bagian dari PSKS (Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial) bukan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial). Maka dari itu Karang Taruna harus hadir di masyarakat menjadi sebuah solutif, guna pemecahan kesejahteraan sosial tersebut” tandas Ketua Karang Taruna tersebut.

Aldi sapaan akrabnya menambahkan bahwa Karang Taruna harus terus meningkatkan sinergitas dengan pemerintah atau lembaga lain agar dapat sejalan dengan visi pembangunan pemerintah daerah yaitu Kuningan Maju. Ia juga berharap di tengah revolusi industri 4.0 para pemuda tidak hanya terpaku pada satu bidang pekerjaan saja, tapi harus meningkatkan kreatifias dan inovasi agar mampu bersaing dengan bangsa lain.

“Pembangunan yang sifatnya fisik sudah mulai di kurangi, kini tiba saatnya membangun sumber daya manusia yang berkompeten. In syaa Allah saya yakin, Pemudanya tangguh, proaktif dan progresif maka desanya akan MAJU” ungkapnya.

“Kegiatan ini menjadi awal dari kita untuk melangkah melaksanakan program kerja. Karna jika organisasi tidak ada rapat kerja (raker) tentunya akan bingung arahnya mau dibawa kemana, program apa yang mau dilaksanakan, visi apa yang akan di capai itu kita tidak tahu.”

Dalam kesempatan yang sama, Ade Wibawa selaku pembina umum mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan rapat kerja Karang Taruna ini dan berharap akan mendapatkan hasil yang baik guna mendorong pembangunan wilayah khususnya di Karangkancana.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para pengurus Karang Taruna yang sudah memiliki inisiatif melaksanakan pertemuan ini. Banyak pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan oleh kita bersama, seperti masalah pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial lainya” kata Ade.

Acara rapat kerja kecamatan ini diisi pula dengan penyampaian tentang peraturan mentri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang taruna dan diskusi publik seputar permasalahan apa yang dihadapi oleh para pengurus di lapangan. Narasumber dalam diskusi publik ini adalah saudara Taupik Hidayat ketua Karang Taruna Kecamatan Cidahu yang juga menjadi pengurus di Kabupaten Kuningan.

Taupik menekankan bahwa Karang Taruna sekarang harus selalu berkoordinasi dengan pembina teknis di desanya masing-masing. Seluruh program yang berkaitan dengan Karang Taruna berada di program kerja kasi kesejahteraan.

Sesi akhir kegiatan adalah pembuatan program prioritas yang ada di desa masing-masing. Para peserta menyerahkan berbagai usulan (draft) yang terdiri dari bidang Pembinaan dan pengembangan generasi muda, Penguatan organisasi, Peningkatan usaha kesejahteraan sosial, Usaha ekonomi produktif, Rekreasi olahraga serta kesenian dan Kemitraanakan. Itulah program prioritas yabg akan dilaksanakan pada tahun 2021.


Sumber dari :  https://karangtarunakuningan.or.id/site/rencanakan-program-karang-taruna-kecamatan-karangkancana-gelar-raker/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama