Karang Taruna Kabupaten Kuningan Apresiasi Penanggulangan Narkoba Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Mekarwangi Kecamatan Lebakwangi


Kuningan. Bertempat di Aula Balai Desa Manggari Kecamatan Lebakwangi Ketua Karang Taruna  Kabupaten Elon Carlan, S.Pd.MM.Pd. beserta Jajaran Pengurus Inti Karang Taruna Kabupaten Kuningan turut hadir MPKT Karang Taruna Kabupaten Kuningan yang juga sebagai Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan   Dr. H. TOTO TOHARUDDIN, M.Pd. menggelar pertemuan dengan Pengurus Karang Taruna dan Kepala Desa Manggari Kecamatan Lebakwangi.

Agenda pertemuan dimaksud, sebagai bentuk apresiasi Jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan atas Kiprah dan komitmen karang taruna Tunas Mandiri desa manggari  dalam pengungkapan kasus peredaran Narkoba di wilayah desa manggari khsusnya.

Pada pertemuan dimaksud, hadir Ibu Marini Kepala Desa Manggari dan Gigin Ginanjar ketua Karang taruna Tunas Mandiri beserta jajarang pengurus, pada sambutannya Kepala Desa Mengakpreasiasi atas kiprah pengurus karang taruna tunas mandiri, yang memang sudah terlihat geliat serta banyak aktivitasnya, meskipun mereka baru dikukuhkan kepengurusannya. Kedepan secara bersama-sama dengan Karang Taruna Tunas Mandiri bertekad membangun, memajukan dan mensejahterakan masyarakat desa manggari. Kepala desa juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan karang taruna kabupaten kuningan yang didampingi MPKT Dr. H. Toto Toharudin, M.Pd. hal ini sebagai suatu penghargaan dan motivasi bagi karang taruna tunas mandiri untuk lebih eksis dan berkarya, terlebih dengan kondisi saat sekarang dimana semua pihak sedang dihadapkan pada penyebaran virus corona.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Elon Carlan S.Pd.MM.Pd, pada sambutannya menyampaikan penghargaan dan turut bangga atas aktivitas pengurus karang taruna Desa Manggari, yang sebelumnya memang sudah diberikan apreasiasi oleh Polres Kuningan atas keberhasilan mengungkap peredaran narkoba di wilayahnya, hal ini merupakan suatu bukti dari kepekaan jajaran pengurus karang taruna terhadap fenomena permasalahan di lingkungannya, ada tujuan dari karang taruna sebagaimana diatur dalam Permensos 25 tahun 2019 tentang karang taruna yang salah satunya turut serta mengantisipasi, mencegah dan menangkal berbagai permasalahan sosial khususnya di kalangan pemuda. Kedepan upaya suport dan apresiasi dari karang taruna kabupaten kuningan terhadap prestasi dan potensi karang taruna desa/kelurahan akan terus dilakukan, untuk itu melalui identifikasi pengurus karang taruna kecamatan kiranya harus mampu memunculkan potensi unggulan karang taruna desa atau kelurahan, yang nantinya disinergikan dengan sistem sumber yang ada untuk lebih mengoptimalkan pengembangan potensi unggulan tersebut, sehingga nantinya akan terwujud satu karang taruna desa/kelurahan satu potensi unggulan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan warga karang taruna. Lebih lanjut keseriusan terhadap upaya melawan penyalahgunaan narkoba yang memang merupakan musuh bersama, akan ditindaklanjuti dengan  instansi pemerintah berwenang, khususnya dalam penyiapan kader sdm karang taruna sebagai penjangkau, pendamping, deteksi dini penyalahgunaan Narkoba, salah satunya mereka bisa disekolahkan di sekolah karang taruna.

Selanjutnya pada kesempatan lain, MPKT Karang Taruna Kabupaten Kuningan Dr. H. TOTO TOHARUDDIN, M.Pd. memberikan motivasi kepada jajarang pengurus karang taruna tunas mandiri untuk terus eksis berkarya, dengan landasan kerangka gerak karang taruna dari lambang karang taruna itu sendiri. Yaitu  sebuah lingkaran dengan bunga Teratai mekar dengan tujuh helai daun bunga sebagai latar belakang, yang melambangkan Tujuh Unsur Kepribadian yang harus dimiliki warga Karang Taruna: Taat,  Tanggap,   Tanggon ( kuat daya tahan fisik dan mental), Tandas (tegas,  teguh pendirian), Tangkas, Terampil, Tulus. Diharapkan melalui karang taruna desa/kelurahan dapat melahirkan potensi, keunggulan dan prestasi pemuda dan warga karang taruna. Pada kapasitas sebagai kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, senantiasa memfasilitasi peran serta pemuda termasuk didalamnya melalui karang taruna agar melahirkan prestasi pemuda terbaik di kabupaten kuningan khususnya dalam pembinaan generasi muda, keolahragaan dan pengembangan wisata di kabupaten kuningan.

Pada akhir acara, ketua Karang taruna Tunas Mandiri Gigin Ginanjar mengucapkan terima kasih atas kehadiran jajaran pengurus dan MPKT Kabupaten Kuningan, menurutnya kiprah yang dilakukan lahir dari niat untuk mengharapkan pujian, tapi semata-mata atas kecintaan terhadap desa  manggari dengan menunjukan eksistensi kegiatan pemuda/warga karang taruna. Selanjutnya akan ditempuh koordinasi dengan instansi pemerintahan terkait dalam upaya peningkatan kegiatan karang taruna di desa Manggari, saat ini yang sudah dilakukan diantaranya memfasilitasi lapangan kerja bagi pemuda di desa manggari yang belum mempunyai pekerjaan, serta fokus juga terhadap peningkatan keterampilan/vokasional, dan pendidikan dengan harapan angka kelulusan pendidikan pemuda di Desa manggari dapat mencapai tingkatan SMA/sederajat, bagi yang putus sekolah akan dicoba program pendidikan kesetaraan.


Sumber dari : https://karangtarunakuningan.or.id/site/karang-taruna-kabupaten-kuningan-apresiasi-penanggulangan-narkoba-karang-taruna-tunas-mandiri-desa-mekarwangi-kecamatan-lebakwangi/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama